Ternyata Surabaya Juga Punya Sentra Industri Sepatu

Sepatu wanita murah yang fashioned dan berkualitas di beberapa mall Surabaya ternyata banyak dipasok oleh para perajin dari ujung barat Kota Surabaya, dari sebuah kampung yang padat penduduk dengan sebagaian besar wilayah terdiri dari tambak penghasil produk sepatu berkualitas dengan harga terjangkau. Kampung Unggulan Sepatu terletak di Jl. Tambak Osowilngon Kecamatan Benowo, Surabaya.

Kampung yang dulu lebih dikenal dengan nama Sememi Lor itu terletak tak jauh dari terminal Tambak Oso Wilangon, sekitar 500 meter arah Barat, menuju Kota Gresik. Sekilas kampung ini tak menunjukkan geliat yang menarik. Tapi siapa sangka, di kampung ini telah ribuan bahkan jutaan produk sepatu sandal dibuat oleh warga, secara turun-temurun.

Dari Surabaya, hanya butuh waktu setengah jam perjalanan menuju daerah ini, kalau sedang tidak macet. Aktivitas para perajin memang tidak terlihat dari pinggir jalan raya karena lokasinya berada di gang-gang di Jalan Tambak Osowilangun tersebut. Terdapat lebih dari 100 kepala keluarga berprofesi sebagai perajin sepatu dan sandal di daerah ini.

Saat ini sudah ada 85 pengusaha meramaikan industri alas kaki di Tambak Osowilangun. Sebagian dari mereka merupakan generasi kedua yang sekarang tinggal meneruskan usaha yang sudah dirintis orang tuanya.Sebelum menjadi sentra alas kaki, mayoritas warga di Kelurahan Tambak Osowilangun berprofesi sebagai petambak bandeng dan udang. Sekitar tahun 1970-an, mereka alih profesi karena banyak air laut tercemar limbah pabrik. Sejak itu, sentra alas kaki Tambak Osowilangun mulai berdiri.

Menurut Ridwan, salah seorang perajin sepatu yang juga Ketua Paguyuban Pengusaha Sepatu Osowilangun, sejak dulu memang banyak pabrik di daerah ini. Sayangnya, pabrik ini membuang langsung limbahnya ke laut. Meski sudah dipasang jaring pipa besar untuk menyaring limbah, tetap saja gagal. "Akhirnya lama-lama mereka beralih membuat sepatu dan sandal, " kenangnya.

Menjadi perajin sepatu dan sandal merupakan mata pencaharian utama bagi warga di Kelurahan Tambak Osowilangun, Kecamatan Benowo, Surabaya, Jawa Timur. Lantaran mayoritas warga berprofesi sebagai perajin sepatu, kelurahan ini pun dinobatkan sebagai Kampung Unggulan Kreatif oleh Pemerintah Kota Surabaya

Sejak itulah sentra alas kaki Tambak Osowilangun mulai berdiri. Hingga saat ini, Tambak Osowilangun sudah menjadi bursa sepatu dan sandal murah meriah. Selain grosiran, sentra sepatu ini juga melayani setiap pengunjung yang mampir untuk membeli satuan. Kampung ini ramai didatangi pembeli karena sepatunya  murah dan kualitas produknya terjamin.

Modelnya juga cukup bervariasi, mulai dari jenis sepatu berhak tinggi, flat, atau keds, semuanya ada. Begitu pula bahan baku, mulai dari bahan sintesis sampai kulit asli. Itu sebabnya, produk sepatu Tambak Osowilangun mudah diterima konsumen. Selain penjualan di tempat, produk sepatu dari daerah ini juga sudah merambah pasar tradisional dan pusat perbelanjaan di Surabaya. Antara lain Pasar Turi Surabaya, Pasar Atom, Pasar Manyar, dan beberapa pusat perbelanjaan dan grosir.