Bagaimana Memakai Sepatu High Heels Tanpa Betis Jadi Besar ?

Sepatu wanita hak tinggi atau high heels bukan hanya sekedar alas kaki bagi wanita, tetapi merupakan perangkat fashion yang penting untuk meningkatkan kualitas penampilan. Meskipun untuk menggunakan high heels cukup beresiko dasn harus bisa menahan rasa sakit, dengan memakai sepatu model ini banyak wanita yang merasa tubuhnya terkesan lebih tinggi dan langsing, sehingga menambah rasa percaya diri.

Tetapi model sepatu yang menjadi kebutuhan wajib bagi wanita ini di sisi lain membawa dampak negatif. Penggunaan high heels juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, tumit dan mata kaki yang mudah terasa nyeri, pegal, pengecilan otot, keseleo dan patah tulang saat berjalan, perubahan postur tubuh, atau bahkan kram.

Dampak negatif lain yang kini sedang menjadi isu, adalah kemungkinan beris pengguna high heels akan menjadi lebih besar. Padahal setiap wanita berharap agar betisnya berada dalam bentuk yang ideal agar bisa mendapatkan penampilan tubuh yang lebih baik.

Hanya saja, isu tentang penggunaan sepatu high heels yang bisa membuat betis membesar memang masih kontroversial, sehingga akhirnya dilakukan sebuah penelitian mengenai hal ini oleh Marco Narici, dari Manchester Metropolitan University.

Dari partisipan yang berjumlah 80 orang yang sudah terbiasa memakai sepatu high heels, 11 orang diantaranya memakai sepatu high heels setidaknya 2 inchi dalam beberapa tahun terakhir, sehingga mereka tidak merasa nyaman untuk memakai sepatu tanpa hak.

Setelah mengevaluasi tendon hingga otot para partisipan ini, Marco Narici menyimpulkan bahwa wanita yang termasuk sering memakai sepatu high heels memang akan mengalami pembesaran massa otot yang terjadi pada betisnya. Persendian kaki pun akan cenderung lebih kencang dan lebih tebal. Kondisi ini ditengarai disebabkan oleh kemampuan sepatu high heels yang membuat kaki tidak benar-benar bisa meregang dengan sempurna.

Meskipun membuat massa otot menjadi lebih besar, secara umum dan kasat mata tidak akan terlihat jelas pembesaran pada betis bagi para pemakai sepatu high heels. Hanya saja, pengguna sepatu high heels tentu akan sering merasa tidak nyaman, cedera, hingga rasa tegang yang berkelanjutan sehingga harus ditangani secara medis. Satu hal yang pasti, janganlah terlalu sering memakai sepatu high heels agar kesehatannya tetap terjaga.

Namun, jika Anda termasuk salah satu orang yang diwajibkan untuk memakai high heels karena alasan tertentu, berikut ini adalah tips yang bisa Anda terapkan agar high heels tidak membahayakan kesehatan Anda:

1. Pilihlah heels yang ketinggiannya kurang dari 10 cm. Hal ini akan mencegah beban berat tubuh yang akan bertumpu pada kaki. Selain itu, menggunakan heels yang tidak terlalu tinggi akan mengurangi resiko terjatuh.

2. Hindari penggunaan sepatu high heels terlalu lama, dan apabila memungkinkan, bawalah sepatu flat sebagai sepatu pengganti untuk merelaksasikan otot kaki. Lakukan pula message dengan rutin pada kaki, sambil lakukan perendaman menggunakan air hangat pada malam hari setelah memakai sepatu high heels. Tujuan dari dilakukannya hal ini adalah untuk membantu memperlancar peredaran darah. (surabayanews)