Surabaya Raih Predikat Sebagai Kota dengan Keselamatan Jalan Tertinggi

Kota Surabaya terpilih menjadi kota dengan keselamatan jalan raya tertinggi untuk kategori kota dengan penduduk diatas satu juta jiwa dalam ajang Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2015. "Surabaya berhasil terpilih menjadi kota dengan keselamatan di jalan raya tertinggi karena berhasil memenuhi lima pilar dalam Rancangan Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK)," ujar Dirut Adira Insurance selaku penyelenggara IRSA, Indra Baruna di Jakarta, (4/12/2015)

Sebanyak lima pilar RUNK tersebut yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, dan penanganan pra dan pascakecelakaan. Tahun ini, merupakan tahun ketiga penyelenggaraan IRSA dimana ada perbedaan dengan tahun sebelumnya di antaranya adalah kategori kota dengan penduduk di atas satu juta jiwa, penduduk di bawah satu juta jiwa, kabupaten dengan penduduk di atas satu juta jiwa, kota dengan penduduk di bawah satu juta jiwa.

Secara keseluruhan, terdapat 76 kota atau kabupaten yang mengikuti IRSA 2015. Selanjutnya, dipilih 16 kota dan kabupaten yang menjadi semifinalis berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti angka kecelakaan lalu lintas, jumlah penduduk, jumlah kendaraan, panjang jalan, dan data pendukung lainnya. Indra mengungkapkan dari tahun ke tahun, total indeks keselamatan jalan selalu mengalami peningkatan selama pelaksanaan IRSA tiga tahun terakhir.