Program Baru Dinas Sosial Untuk Bantu Warga Miskin

Bojonegoro, Sidik nusantara
Dari luasan 2.384 Km daratan yang ada di Bojonegoro ternyata menampung sumber daya alam berupa kayu jati dan Minyak Bumi. juga di sepanjang bantaran sungai bengawan solo terhampar persawahan yang sangat cocok untuk pertanian. Tetapi keindahan itu tidak berbanding lurus dengan kesejahteraan Masyarakat Bojonegoro. banyak Masyarakat Kota Minyak ini yang hidup di bawah garis kemiskinan.Oleh sebab itu Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial Meluncurkan banyak Program untuk membantu mereka yang hidup miskin.

Adapun data yang ada untuk penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) ada sekitar 256 ribu lebih di Kabupaten Bojonegoro yang meliputi fakir miskin, anak cacat dan lain-lain. “Ada sekitar 256 ribu lebih penyandang masalah keejahteraan sosial yang ada di Kabupaten Bojonegoro.” ungkap Adi wicaksono, Kepala DisnakerTransos kab Bojonegoro.

Untuk membantu mengatasi persoalan  itu, DisnakerTransos Kabupaten Bojonegoro memberikan bantuan ekonomi Produktif  seperti pemberian gerobak untuk pedagang Bakso, Pemberian dandang, kompor dan lainnya untuk usaha produktif  ini.Di samping itu ada Program Kelompok Usaha bersama  (KUBE ), Program ini dimaksudkan untuk membantu kelompok untuk memajukan usahanya, seperti terrnak lele, ternak kambing ataupun Pembuatan Kolam Pancing.

Hal yang sangat membahagiakan bagi masyarakat Miskin Bojonegoro adalah Program Rehabilitasi Sosial Rumah tidak layak huni (RSRTLH), Program ini di tujukan untuk masyarakat Miskin yang rumahnya perlu mendapatkan bantuan untuk di renovasi.  Untuk per satu unit rumah mendapatkan Bantuan dana sebesar Rp 10 juta yang langsung bisa diterima melalui rekening pribadi mereka sendiri.

Di tahun 2015 ini saja DisnakerTransos telah membantu 100 unit rumah untuk dilakukan renovasi.”Sampai sekarang kami telah membantu 100 unit rumah warga miskin untuk direnovasi”.Ungkap Pak Adi, sapaan Akrab Kepala Dinas Sosial dan Transmigrasi di Ruang kerjanya saat di temui wartawan Sidik Nusantara. Dinas Sosial kabupaten Bojonegoro juga memberikan Bantuan untuk Lansia selama setahun sebesar 1 juta rupiah.yang bisa di terima mulai bulan maret sampai desember. Program tanggap darurat untuk para korban bencana seperti kebakaran juga bisa mendapatkan bantuan sebesar 1,5 juta rupiah.

Selain Program di atas, Dinas Sosial juga mendirikan Rumah singgah di Surabaya untuk membantu meringankan bagi warga Bojonegoro yang sedang menunggu keluarganya sakit di Surabaya dengan menginap dan makan bagi keluarga pasien kurang mampu yang sakit di surabaya. (Kus/alx)